BPMKB Kota Tangerang Gelar UPPKS

BPMKB Kota Tangerang Gelar UPPKS

korantangerang.com – Badan pemberdayaan masyarakat, perempuan dan keluarga berencana (BPMPKB) Kota Tangerang menggelar pembinaan pengelolaan dan pengembangan kelompok usaha peningkatan pendapatan keluarga Sejahtera (UPPKS) di Gedung Cisadane senin (25/4).

Dalam sambutannnya Rahmansyah, Kepala BPMPKB Kota Tangerang berharap pembinaan tersebut dapat dimanfaatkan sebagai acuan bagi pengelola dan pengurus kelompok UPPKS dalam membina, mengembangkan, dan meningkatkan pengetahuan dan keterampilan dalam mengelola kelompok UPPKS.

“Kelompok usaha peningkatan pendapatan keluarga akseptor (UPPKA) sudah sejak lama dicanangkan oleh BKKBN sebagai wadah pemberdayaan ekonomi masyarakat khususnya para akseptor KB, yang kemudian dikembangkan menjadi kelompok usaha peningkatan pendapatan keluarga sejahtera (UPPKS),”tukasnya.

Wadah tersebut, kata Rahmansyah merupakan unit organisasi terkecil binaan BKKBN yang sebagian besar anggotanya adalah peserta KB dari keluarga pra sejahtera dan keluarga sejahtera yang aktif dan berusaha secara berkelompok.

“Selain dapat meningkatkan tahapan kesejahteraan keluarga, interaksi antar anggota doharapkan dapat pula meningkatkan kesertaan ber KB anggota kelompok UPPKS dan masyarakat sekitarnya,”katanya.

Sementara itu Hj. Suryamah Kasubid pemberdayaan keluarga BPMPKB Kota Tangerang menjalaskan, kegiatan tersebut secara umum bertujuan untuk memberikan keseragaman petunjuk pelaksanaan dalam membina kelompok serta keterampilan bagi pengurus dalam mengelola kelompok.

Disamping itu, meningkatkan pengetahuan dan keterampilan dalam berorganisasi, menumbuhkan dinamika berkelompok, menggali dan memanfaatkan sumber daya dan potensi setempat guna memajukan kelompok menjadi bagian dari tujuan kegiatan tersebut.

“Menyeragamkan dalam cara melakukan kegiatan administrasi kelompok termasuk administrasi kelompok termasuk administrasi keuangan juga menjadi bagian yang tak kalah penting,” ujarnya menjelaskan. (Naser)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Comments are closed.