Biar Awet, Teknik Cuci Jeans dengan Air dan Pasir Laut

Memiliki celana berbahan denim memerlukan perawatan yang lebih ekstra. Jika Anda penggemar denim tentu tak ingin denim kesayangan cepat belel atau lapuk bukan?

Dari sekiran banyak cara mencuci, tahukah Anda ada cara lain mencuci denim untuk mendapatkan tampilan denim yang fading natural?  Cara tersebut bernama sea wash. Ya, ini merupakan teknik mencuci dengan menggunakan air laut dan pasir pantai.

Ini pula yang dibeberkan oleh denim enthusiast, Adhita Idris. Meski tinggi kandungan garam, air laut tidak akan merusak tekstur bahan.

“Sebenarnya air laut itu enggak merusak jeans. Mencuci dengan cara ini bisa membuat fading pada celana jeans terlihat lebih natural dan keren,” ujar Adhita.

Namun ada syaratnya, jika Anda ingin melakukan sea wash baiknya celana yang Anda miliki belum pernah dicuci sama sekali selama 6 bulan. Jika kurang dari waktu tersebut maka fadingnya tidak akan terlihat jelas.

“Sebaiknya lakukan sea wash pada celana yang belum dicuci sekitar 6 bulan karena hasilnya fadingnya akan berbeda jika kurang dari itu,” tambahnya.

Lantas, bagaimana langkah untuk melakukan sea wash ini? Pertama-tama basahi celana dengan air laut, lalu ambil pasir pantai untuk kemudian digosok-gosokkan secara perlahan ke seluruh bagian celana jins yang telah basah. Jika sudah, basahi lagi keseluruhan celana jeans untuk menghilangkan pasir-pasir yang menempel. @SINTA