Atlet Rusia Ini Boleh Tampil di Event Internasional dengan Syarat

korantangerang.com – Yuliya Stepanova menjadi atlet Rusia pertama yang diizinkan tampil di ajang Internasional. Sebelumnya, IOC mengasingkan Negeri Beruang Merah dalam acara Olimpiade Rio 2016.  Lantas, Stepanova mendapat keistimewaan karena bersedia membantu penyelidikan kasus doping massa yang melanda negerinya.

Federasi Atletik Internasional (IAAF) memberikan lampu hijau pada Stepanova untuk tampil di kejuaraan atletik Eropa di Amsterdam, 6 Juli 2016. Syaratnya, ia tak diperbolehkan membawa bendera negaranya di ajang tersebut dan menjadi atlet netral.

Memang Stepanova akan bekerja sama dengan IOC untuk mengungkap praktek doping sistemik yang terjadi di Rusia. Bahkan pihak Doping Review Board telah sepakat dan menerima aplikasi dari atlet lari 800 meter tersebut.

“Doping Review Board telah sepakat menerima aplikasi dari Yuliya Stepanova sesuai peraturan 22.1A (c) sebagai seseorang telah membuat kontribusi untuk perlindungan dan promosi atlet bersih, fair play dan integritas olahraga,” tulis sebuah pernyataan menukil dari Inside The Games, Sabtu (2/7/2016).

“Stepanova sekarang memenuhi syarat untuk bersaing di kompetisi internasional sebagai atlet netral independen,” lanjut pernyataan tersebut.

Sekadar informasi, Stepanova mencetak catatan waktu 1 menit 56.99 detik di nomor 800 meter. Kendati sebelumnya, ia pernah dicopot dari semua kompetisi sejak Maret 2011, termasuk medali perak yang dia menangkan pada Kejuaraan Indoor Eropa di Paris, 2011. @DF