Asyiknya “Baronggeng” di Festival Teluk Jailolo

Asyiknya “Baronggeng” di Festival Teluk Jailolo
Posted by:

wisataSekitar 300 anak berjoget bersama di area Festival Teluk Jailolo (FTJ) 2015, Kabupaten Halmahera Barat, Provinsi Maluku Utara, Kamis (14/5/2015) sore. Acara itu merupakan penutup acara FTJ 2015 pada hari ketiga.

Joget bersama atau “baronggeng” (istilah setempat) itu menghibur ribuan warga yang hadir. Dengan latar belakang lautan, anak-anak itu baronggeng dengan iringan lagu-lagu daerah Ternate.

Rangkaian tarian yang ditampilkan oleh siswa dari 25 sekolah itu seluruhnya tarian daerah, salah satunya poco-poco.

Sebelumnya, warga Jailolo dan wisatawan dihibur oleh Pawai Budaya. Belasan kelompok asal Halmahera Barat menampilkan berbagai budaya.

Warga lokal menampilkan pakaian adat Ternate, warga transmigrasi tampil dengan kesenian daerahnya seperti kuda lumping. Ada pula kelompok tani yang menampilkan cara-cara bertani.

Mereka memulai pawai dari Lapangan Sasado Lamo hingga area FTJ sepanjang sekitar 3 kilometer. Warga berkerumun sepanjang jalan menyaksikan pawai tersebut.

Wakil Bupati Halmahera Barat Husen Abdul Fatah mengatakan, FTJ 2015 kali ini sengaja menampilkan budaya lokal untuk mengingatkan pentingnya karya leluhur.

Ia sempat mengkritik bahasa Jailolo yang perlahan hilang. “Hanya beberapa orang yang tahu bahasa Jailolo. Saatnya tunjukkan jati diri bahwa saya orang Indonesia,” kata Husen ketika melepas rombongan festival.

FTJ 2015 akan berlangsung hingga Sabtu (16/5/2015). Berbagai acara akan digelar dalam festival yang digelar untuk ketujuh kali ini.

Sumber: kompas.com

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Comments are closed.