Angkasa Pira II Lakukan Pembayaran Ganti Rugi Lahan Proyek Runway 3 Bandara Soetta

Angkasa Pira II Lakukan Pembayaran Ganti Rugi Lahan Proyek Runway 3 Bandara Soetta

Korantangerang.com – PT Angkasa Pura II mulai tancap gas untuk melakukan pembebasan lahan terkait proyek pembangunan runway 3 Bandara Soekarno Hatta, Tangerang. Ada dua bidang milik warga yang lahannya dibebaskan dibayarkan pada Kamis (29/12/2016) di BPN Kota Tangerang.

“Ini pembayaran pertama yang kami lakukan, sebagai langkah awal dan harus dilakukan pembayaran pada akhir tahun 2016 ini,” ujar Kepala Tim Pembebasan Lahan Runway 3 Bandara Soetta, Bambang Sunarso saat ditemui awak media termasuk Wartakotalive.com pada Kamis (29/12/2016).

Ia menyebut dua bidang milik warga ini yang baru bisa dibayarkan. Sebab persiapan segala adminitrasinya lengkap.

“Tapi terus kami kejar, pekan depan ada pembayaran lagi. Sudah dilakukan validasi dan pengecekan bidang warga yang siap untuk dibayarkan,” ucapnya.

Dua bidang milik warga yang hari ini dibayarkan di antaranya Aspa dan Sayuti. Keduanya merupakan warga Kelurahan Selapajang, Kecamatan Neglasari, Kota Tangerang.

Untuk kedua bidang tersebut pihak AP II mengeluarkan kocek hingga Rp. 2,8 miliar. Bidang milik Aspa seluas 373 m2 dan Sayuti 370 m2.

“Targetnya harus beres Februari 2016,” kata Bambang.

Kepala BPN Kota Tangerang, Badrusalim menambahkan wilayah yang berdampak pembebasan lahan proyek landasan pacu pesawat itu meliputi dua Kecamatan. Di antaranya Kecamatan Neglasari dan Kecamatan Benda.

“Di Neglasari ada 97 bidang dan Benda ada 109 bidang,” ungkap Badrusalim.

Ia menuturkan sejauh ini dinamika yang ditemui di lapangan memang terkendala soal angka ganti rugi. Warga ada yang berpikir keras bidangnya dibayarkan tak sesuai dengan harapannya.

“Kami menemui kendala soal perhitungan tim apprasial yang terlambat. Tapi kalau warga tak setuju, ya diselesaikan di Pengadilan,” imbuhnya.

Sementara itu Aspa yang lahannya dibayarkan terlihat gemetar memegang buku tabungan senilai Rp. 1,1 miliar. Matanya nanar dan mengucap rasa syukur atas apa yang diperolehnya.

“Rumah sama tanah saya kena gusur. Uangnya untuk beli rumah lagi, beli di dekat rumah yang dulu aja lah biar enggak jauh,” katanya. (Zher)

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Comments are closed.