Anggota Komisi IX DPR RI: Laju Pertumbuhan Penduduk Kota Tangerang Tinggi

Korantangerang.com – Anggota Komisi IX DPR RI Dapil Banten III, Marinus Gea menghimbau Pemkot Tangerang untuk memberikan perhatian serius pada program pembangunan kependudukan, karena menurutnya laju pertumbuhan penduduk di Kota Tangerang masih diatas prosentase ideal pertumbuhan penduduk di Indonesia.

“Ukuran ideal laju pertumbuhan penduduk di Indonesia adalah 0,5 persen, sementara Kota Tangerang masih diatas angka itu,” ujarnya kepada awak media usai menjadi narasumber Sosialisasi Komunikasi, Informasi dan Edukasi (KIE) Kreatif yang dihelat Badan Kependudukan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) di Kampung Tugu, Kelurahan Bugel, Kota Tangerang, Kamis (15/11/2017).

Melansir hasil survey laju pertumbuhan penduduk Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Banten, politisi Partai PDI Perjuangan tersebut membeberkan, selama enam tahun terakhir memang terjadi penurunan laju pertumbuhan penduduk di Kota Tangerang. Tahun 2011 sebesar 2,66%, 2012 sebesar 2,59%, 2013 sebesar 2,51%, 2014 sebesar 2,43%, 2015 sebesar 2,36% dan 2016 sebesar 2,28%.

“Namun angka ini masih harus terus diturunkan karena masih diatas rata-rata laju pertumbuhan penduduk di Banten tahun 2016 sebesar 2,14 persen,” tambahnya.

Ia menegaskan, pembangunan kependudukan harus menjadi perhatian serius, karena jumlah penduduk yang tinggi akan berkorelasi pada tingkat kebutuhan layanan sosial, infrastruktur dan ekonomi yang tinggi.

“Salah satu yang sederhana adalah semakin sempitnya lahan untuk pemukiman serta munculnya berbagai persoalan perkotaan lainnya,” terangnya.

Sementara, lanjut Marinus, tingkat kepesertaan suami istri di Kota Tangerang dalam program KB dari hasil Susenas 2015 sebesar 54,45% masih dibawah angka rata-rata Provinsi Banten yang sebesar 60, 65%,.

“Harus ada penguatan komitmen dan dukungan para pemangku kepentingan di Kota Tangerang dalam melakukan penguatan advokasi, komunikasi, informasi dan edukasi tentang program kependudukan, keluarga berencana, dan pembangunan keluarga,” tukasnya.(Mul)