Aneka Pilihan Wisata di Solo

Aneka Pilihan Wisata di Solo
Posted by:

soloSolo dikenal sebagai kota yang tak pernah tidur. Karena, kini Solo telah jadi daerah tujuan wisata yang biasa didatangi wisatawan dari kota-kota besar.

Berkunjung ke Solo, tentu kita harus berkunjung ke dua keraton Jawa, yaitu Kasunanan Surakarta dan Pangeran Mangkunegaraan. Keraton Kasunanan Surakarta memiliki luas sekira 500 x 700 meter dikelilingi oleh benteng yang disebut Baluarti. Dinding tersebut mengelilingi keraton setinggi tiga sampai lima meter, tebalnya sekitar satu meter, dengan bentuk persegi panjang.
Keraton Kasunanan atau disebut Keraton Surakarta Hadiningrat ini dibangun tahun 1745 oleh Raja Paku Buwono ke II. Uniknya, sebagian besar keraton ini bernuansa warna putih dan biru dengan arsitektur gaya campuran Jawa-Eropa.
Bangunannya yang unik ini menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Karenanya, kawasan ini dilengkapi berbagai fasilitas bagi wisatawan, seperti pemandu wisata, peminjaman pakaian khas Jawa, brosur wisata, serta toilet.
Puas menelurusi keraton, kita bisa berkeliling di kota ini. Berkelilinglah di kota tua ini dengan naik kereta kuda atau becak sambil melihat bangunan kuno dan labirin di sepanjang dinding istana bercat putih.

Selain menyuguhkan pemandangan kota dan keraton Kasunanan, Solo juga menawarkan wisata-wisata alam di sekitarnya, yaitu Tawangmangu di timur dan kawasan wisata Selo di barat. Selain itu, di Solo juga terdapat sebuah museum batik yang terlengkap.

sumber : okezone.com

Subscribe

Thanks for read our article for update information please subscriber our newslatter below

No Responses

Comments are closed.