Parpol Belum Tentukan Nama Calon di Pilkada Kota Tangerang

ilstrasi parpolBelum adanya kesepakatan soal dana pemenangan dianggap menjadi penyebab lambannya penetapan calon Walikota Tangerang oleh Partai Politik (Parpol) peserta Pemilu 2014.

Demikian diungkapkan pengamat politik dari UIN Syarif Hiyatullah, Ciputat, Tangerang Selatan (Tangsel), Djaka Badrayana, Senin (13/5/2013).

“Biasanya partai yang terlambat tentukan kandidat karena sikap saling tunggu. Artinya, bagian dari strategi atau karena tarik menarik internal parpol soal dana pemenangan,” kata Djaka. Kendati demikian, kata Djaka, sikap Parpol yang terkesan mengulur-ulur waktu dalam menetapkan calon tersebut adalah wajar, namun hal itu tentunya sangat merugikan publik.

Sebab, lanjut Djaka, sikap buying time (ulur waktu) hanya akan membuat publik memiliki sedikit waktu untuk pengenalan kualitas calon pemimpinnya.

“Banyak partai ingin menang (berkuasa). Namun untuk kemenangannya itu, dibutuhkan logistik jangka panjang, atau partai ingin ada cash-in (dana yang masuk) juga buat jangka pendek,” kata Djaka lagi.

Alhasil, partai memilih jalan pintas dan aman dengan mengusung sosok yang populer atau punya dana besar. “Dan, di Kota Tangerang ini kelihatannya, partai tunggu calon yang mau bayar mahal, makanya agak lama,” ujarnya.

Ya, dari 10 partai peserta Pilkada Kota Tangerang 2013, hingga saat ini belum satupun yang menentukan calonnya. Umumnya, partai beralasan belum ditetapkannya calonnya akibat mekanisme partai, meski terbilang dalil itu adalah normatif.

Dalil normatif dimaksud diantaranya, harus ada hasil survei terbaik, harus melalui mekanisme penjaringan di partai, ataupun belum keluarnya keputusan dari DPP partai.

Tak heran, meskipun sudah punya jago dimasing-masing internal partai, seperti Golkar dengan Abdul Syukur-nya, PAN dengan Suratno Abubakar, PKS dengan Hilmi Fuad, PDIP dengan Miing, Demokrat dengan Arief R Wismansyah, maupun Hanura, PKB, Gerindra, PKNU, serta PPP yang secara terbuka membuka penjaringan belum ada satupun yang memutuskan calon mereka.

“Kami masih menunggu hasil survei yang kami lakukan. Jadi semua calon masih dilihat siapa yang paling diminati masyarakat untuk menang dalam Pilwakot kelak. Jika surveinya sudah akurat, kami baru umumkan siapa calon yang kami akan usung. Saat ini belum ada hasil surveinya,” kata Sekretaris Tim 9 DPC Demokrat Kota Tangerang, Edi Ham.

 

Sumber: kabar6.com

About the Author

has written 1902 stories on this site.

Copyright © 2014 KORAN TANGERANG. All rights reserved.
Powered by WordPress.org, Custom Theme and ComFi.com Calling Card Company.