Kenaikan Gaji PNS Tangsel Dirapel Juni Mendatang

ilustrasi pnsAda kabar gembira bagi 5198 pegawai negeri sipil (PNS) dilingkup Pemerintah Kota Tangerang Selatan (Tangsel) karena mereka mereka akan menerima rapelan kenaikan gaji sekitar 6-7 persen perbulannya.

Oleh karena itu, pemerintah daerah setempat telah mengalokasikan dana sebesar Rp 185 milyar yang bersumber dari APBD 2013.

“Pencairan tinggal nunggu waktu saja karena sekarang sedang dilakukan pendataan,” ungkap Kepala Seksi Belanja Tidak Langsung, Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (DPPKAD) Kota Tangsel, Ricky Hermawan, Selasa (30/4/2013).

Menurut Ricky, rapel kenaikan gaji akan dibayarkan pada Juni 2013 mendatang bukan Mei seperti pemerintah pusat. Mundur satu bulan disebabkan tengah mempersiapkan kelengkapan berkas
Rapel kenaikan gaji akan dibarengkan pembayaran Juni mendatang.

“Kalau dibarengkan gaji Mei tidak bisa. Berkas pencairan gaji pada Mei sudah siap karena tinggal masuk. Saat ini, petugas telah menyiapkan berkas kenaikan gaji sehingga rapelan dibarengkan pembayaran gaji Juni,” ungkapnya.

Ricky menjelaskan, soal anggaran tidak menjadi masalah, karena sudah tercover pada APBD 2013. “Kita sudah memasukan anggaran kenaikan gaji PNS, sudah dialokasikan kisaran penambahan 5-6 persen, namun jika kurang akan ada penambahan berkisar Rp 5-6 milyar untuk mengcover diperubahan,“ jelasnya.

Dia mengatakan, kemungkinan penambahan tidak terlalu banyak dan dapat tercover melalui anggaran sebesar Rp 185 milyar ini. Ricky mencontohkan, PNS golongan 4a dengan masa kerja 10 tahun, dengan gaji pokoknya sebesar Rp 2,022.200 naik menjadi Rp 3.022.200, selisih kenaikan gaji ini hanya Rp 197 ribu.

“Gaji untuk tahun ini, kenaikannya tidak mencapai 7,5 persen, namun berkisaran 6-7 persen,” ujarnya.

Lanjutnya, kenaikan gaji PNS ini tidak termasuk dengan gaji Dewan dan Walikota. “Kenaikan berdasarkan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 22 Tahun 2013 tentang Pengubahan Kelima Belas Peraturan Pemerintah Nomor 7 Tahun 1977 tentang Peraturan Gaji Pegawai Negeri Sipil yang ditandatangi Presiden SBY per 11 April kemarin,” katanya.

Kalau untuk gaji Dewan, sebanyak 45 anggota dewan sebesar Rp 860 juta, serta untuk Walikota dan Wakil Walikota sebesar Rp 51 juta.

 

 

Sumber: kabar6.com

 

About the Author

has written 1903 stories on this site.

Copyright © 2014 KORAN TANGERANG. All rights reserved.
Powered by WordPress.org, Custom Theme and ComFi.com Calling Card Company.