Terbuai Ombak Sungai Terpanjang di Indonesia, yang Kini Kumuh

Sungai pontianakBERKUNJUNG ke Pontianak, Kalimantan Barat, tidak lengkap tanpa merasakan pesiar keliling Sungai Kapuas, sungai terpanjang di Indonesia. Sungai yang menjadi urat nadi Kota Pontianak ini destinasi wisata di Kota Khatulistiwa.

Okezone berangkat menyusuri Sungai Kapuas dari sebuah restoran terapung bernama Serasa. Restoran ini unik, karena berada di kapal yang dapat dijalankan berkeliling Sungai Kapuas bila Anda ingin makan sambil melihat panorama sungai ini. Namun, sebaiknya tidak dilakukan bila Anda mudah mabuk dan tidak ingin makan sambil terombang-ambing ombak.

Seusai makan, kapal kami pun berjalan menyusuri Sungai Kapuas. Sayang sekali, sejauh mata memandang, pemandangan Sungai Kapuas kumuh lantaran rumah-rumah panggung bertumpukan di pinggirnya. Rumah ini menyambung langsung ke sungai dimana penduduk menggunakannya sebagai tempat mandi, buang air, mencuci baju, dan memancing ikan. Anda akan terbiasa melihat pemandangan anak-anak mandi di sungai sementara tidak jauh dari sana terdapat sebuah WC umum. Ditambah lagi, air Sungai Kapuas berwarna coklat akibat limbah industri.

Anda akan terkejut melihat di Sungai Kapuas tidak hanya ada rumah-rumah panggung, tapi juga sekolah terapung. Saat kami melewatinya, sekolah ini telah kosong karena jam belajar telah usai. Hanya terlihat beberapa siswa membaca buku sambil menjulurkan kakinya ke dalam sungai.

Setelah padatnya perkampungan tepi sungai, pemandangan selanjutnya yang kami lihat adalah pelabuhan. Pelabuhan ini ramai oleh kapal-kapal berukuran besar dan kecil yang berasal dari Singapura, Jakarta, Malaysia, Ketapang, dan masih banyak lagi. Limbah dari kapal-kapal industri ini juga turut berkontribusi pada tercemarnya Sungai Kapuas.

Kapal terus berjalan menyusuri sungai yang berombak kecil ini. Laju kapal yang turun naik bersama ombak membuat kami terbuai, nyaris tertidur di tengah desiran angin dan panasnya Pontianak saat melaju di Sungai Kapuas.

Biasanya, kapal ini bisa mengantarkan wisatawan hingga Tugu Khatulistiwa, ikon Kota Pontianak. Namun karena keterbatasan waktu, kami hanya sempat mengelilingi Sungai Kapuas hingga ke pelabuhannya.

Mungkin pemandangan Sungai Kapuas yang seperti ini bukanlah tempat ideal bagi Anda yang ingin berwisata. Namun, tidak ada salahnya melihat betapa dinamisnya sisi lain kehidupan Ibu Kota Kalimantan Barat di bantaran sungai terpanjang di Indonesia ini.

 

Sumber: okezone.com

 

About the Author

has written 1903 stories on this site.

Copyright © 2014 KORAN TANGERANG. All rights reserved.
Powered by WordPress.org, Custom Theme and ComFi.com Calling Card Company.