Gerakan Gemar Membaca Harus Terus Digalakan

TANGERANG SELATAN, Walikota Tangerang Selatan Hj Airin Rachmi Diany, SH,MH merasa gembira karena rintisan pembentukan Taman Bacaan Masyarakat yang telah berjalan hampir 2 tahun ini terus berkembang. Hal ini disampaikan Hj Airin Rachmi Diany selaku Pembina Komunitas Masyarakat Gemar Membaca (MAGMA) saat acara Refresment pengelolaan Taman Bacaan Masyarakat (TBM) di rumah makan Remaja Kuring, Kecamatan Setu, Kota Tangerang.

Acara yang diikuti pengurus dari 42 Taman Bacaan Masyarakat (TBM) se Kota Tangerang ini, selain dihadiri oleh Walikota Hj Airin Rachmi Diany juga Kepala Kantor Arsip Dr Chaerudin, Kepala Dinas Pendidikan yang diwakili Kabid PTK Drs H Didi Sutisna dan Kabid PNFI Hayati Nur S.Pd.

Mengawali kegiatan ini Ketua Masyarakat Gemar Membaca ( MAGMA) Kota Tangsel, Herlina Mustikasari mengatakan, dalam perjalanannya hampir 2 tahun jumlah TBM yang ada sekarang sudah mencapai 42 TBM yang tersebar di 7 kecamatan.

Para pengurus TBM yang berada dibawah naungan MAGMA terus dilakukan pembinaan karena program ini merupakan salah satu bentuk komitmen Magma untuk terus memasyarakatkan minat baca. “Komunitas Magma akan terus berkomitmen untuk memasyarakatkan minat baca kepada masyarakat,” ujarnya

Pemkot Tangsel melalui Kantor Perpustaan sedang merancang pembentukan perpustaan di tiap kecamatan, perpustaan tingkat kecamatan inilah nantinya yang akan menaungi TBM-TBM yang ada di kecamatan bersangkutan. Dengan demikian perkembangannya akan semakin bagus sehingga semuanya dapat terakomodir.

Pada kesempatan tersebut Walikota Airin memaparkan panjang lebar tentang program pemerintah daerah mulai dari pendidikan, kesehatan dan peningakatan sarana prasarana. Agar pembangunan yang ada di Kota Tangerang Selatan ini berjalan sesuai yang diprogramkan, orang niomer satu di Tangsel ini minta kepada para pengurus Magma untuk ikut mengawasi pelaksanaan pembangunan yang ada di wilayahnya. “ Kalau ada pelaksanaan pembangunan yang tidak sesuai dengan aturan laporkan ke saya, “ ujar walikota.

Seperti diketahui, pertemuan antara pengurus TBM yang ada di Kota Tangerang Selatan dengan Hj Airin Rachmi Diany ini dapat dikatakan reuni, sebab sebelum beliau menjadi walikota, setiap hari terus berkeliling dari TBM satu ke TBM lainnya untuk melakukan pembinaan. Bahkan ada sejumlah TBM yang diresmikan langsung oleh Hj Airin.

Oleh karena itu Hj Airin minta kepada pengurus TBM agar memasang plang, sehingga bila ada kesempatan kunjungan didaerah itu bisa menyempatkan mampir ke TBM untuk melihat perkembangan. “ Dulu setiap TBM Magma selalu ada gambar saya, tapi sekarang sudah pada hilang, kalau bisa mulai lagi di pasang plang agar keberadaan Taman Bacaan bisa terlihat jelas,” ujarnya.

Sementara itu Kepala Kantor Perpustakaan Kota Tangerang Selatan Dr Chairudin mengungkapkan, berbagai upaya telah dilakukan pihak kantor perpustakaan untuk menggerakan minat baca masyarakat. Bahkan saat ini telah terdapat 8 mobil perpustakaan keliling yang dilengkapi TV dan internet.

Bahkan dalam waktu dekat, pihak Kantor Perpustakaan berkerjasama dengan MAGMA akan menyelenggarakan Jambora Taman Bacaan dan perpustakaan masyarakat se Kota Tangerang Selatan . Pada Jambore tersebut akan dilengkapi dengan berbagai lomba yaitu Mewarnai Gambar untuk PAUD dan TK. Cepat Tepat antar perpustakaan TBM. Presentasi antar pengelola perpustakaan TBM. Mendongeng Ibu kepada anak. Walau Kecil Berkarya (WBK) dan Lomba stan terbaik. Bayu

About the Author

has written 2060 stories on this site.

Copyright © 2014 KORAN TANGERANG. All rights reserved.
Powered by WordPress.org, Custom Theme and ComFi.com Calling Card Company.