Pemkab Tangerang Raih WTP Ke Empat Kalinya

wtp4Keberhasilan Pemerintah Daerah Kabupaten Tangerang dalam meraih penghargaan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) untuk Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) 2011 dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) merupakan prestasi yang sangat membanggakan buat masyarakat Kabupaten Tangerang.

“Menerima penghargaan WTP untuk ke empat kalinya adalah prestasi tertinggi pengelolaan keuangan buat Kabupaten Tangerang. Kami sangat bersukur atas keberhasilan di bidang laporan keuangan ini, untuk itu saya ucapkan banyak terima kasih kepada semua pihak yang mendukungnya,” kata Bupati Tangerang H Ismet Iskandar yang ditemui diruang kerjanya kemarin.

Diharapkan prestasi meraih opini WTP ini dapat dipertahankan untuk tahun selanjutnya. Namun untuk meraihnya kembali diperlukan kerja keras semua komponen masyarakat dalam mendukung kesuksesan program pembangunan yang dilaksanakan oleh pemerintah Kabupaten Tangerag.

“Saya minta kepada Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Kabupaten Tangerang untuk mempertahankan prestasi opini WTP. Karena ini merupakan cermin keberhasilan pembangunan yang kita laksanakan. Mendapatkan opini WTP ini tidak semua pemerintah daerah yang meraihnya, untuk itu kita patut bersukur atas prestasi dalam meriah WTP yang ke empat kalinya,” ucap Ismet Iskandar.

Kepala Badan Pengelolaan Keuagan dan Aset Daerah Kabupaten Tangerang Iskandar Mirsyad mengatakan pada tahun ini Pemda yang meriah opini WTP atas laporan keuangan pemerintah daerah (LKPD) 2011 sebanyak 67 Pemerintah Propinsi/Kabupaten/Kota se Indonesia termasuk Kabupaten/Kota yang ada di Provinsi Banten yaitu Kabupaten Tangerang, Kota Tangerang, Kota Tangerang Selatan dan Kabupaten Serang.

Sebelumnya Pemkab Tangerang sudah meraih opini atas laporan keuangan pemerintah daerah tahun 2008, 2009, 2010, dan sekarang Pemkab Tangerang meraihnya kembali untuk tahun 2011. “Tentu prestasi ini kami akan pertahan kembali. Untuk meraihnya perlu kerja keras, kesungguhan dan ketekunan dari semua pihak, ” kata Iskandar Mirsyad

Secara umum keberhasilan Kabupaten Tangerang meraih WTP ini karena ada ada faktor yang mendukung dan bersenergi satu sama lain yaitu; keinginan dan komitmen yang sungguh-sungguh untuk meraih opini WTP dari unsur pimpinan melalui kebijakan dalam rangka pembenahan dan perbaikan; Konseptor dan arsitek yang kompoten dalam mengkoordinasikan pengambilan keputusan, kebijakan dan langka-langkah yang ditempuh.

Selanjutnya ada rencana aksi (action plan) yang terprogram secara baik, rasional, kongrit, rinci dan terintegrasi dengan peran inspektorat yang optimal, loyalitas, pengerbonan dan semangat yang tinggi dari seluruh aparat yang terlibat dalam pengelolaan keuangan, dan alokasi dana APBD yang memadai dalam upaya pembenahan dan perbaikan.

“Kembalinya Kabupaten Tangerang dalam mempertahankan opini WTP ini merupakan kesimpulan dari auditor atas kewajaran laporan keuangan. Tentunya berdasarkan kriteria atau standar audit yang dilaksanakan sesuai transparansi dan akuntanbilitas pengelolaan keuangan dilakukan secara berkelanjutan. Atas dasar tersebut Kabupaten Tangerang meraih WTP ke empat kalinya. Kami akan pertahankan terus prestasi ini,” ungkap Iskandar Mirsyad. @SUYATNO

About the Author

has written 1903 stories on this site.

Copyright © 2014 KORAN TANGERANG. All rights reserved.
Powered by WordPress.org, Custom Theme and ComFi.com Calling Card Company.