Warga Serpong Rebutan Sembako Sisa Sembahyang Arwah

rebutan-sembakoTang Sel| Ratusan warga berebut sembako di Vihara Boen Hay Bio di Kampung Cilenggang, Kecamatan Serpong, Tangerang Selatan (Tangsel), Jumat (31/8/2012).

Tak ayal, ritual rebutan sembako itupun sempat diwarnai aksi saling dorong antar warga yang ingin mendapatkan sembako sebanyak-banyaknya.

“Saya senang dengan ritual ini. Karena, dari ritual ini saya bisa menghemat uang belanja karena mendapatkan cukup banyak sembako,” ujar Ruminah (40), salah seorang warga yang ikut dalam rebutan sembako tersebut.

Ya, aksi rebutan sembako ini sudah menjadi tradisi bagi warga sekitar setiap kali pihak Vihara selesai menggelar ritual Cit We Poah yang berarti persembahyangan terhadap arwah leluhur yang tidak memiliki sanak family.

Chandra, Pengurus Vihara Boen Hay Bio mengatakan, ritual ini biasa dilakukan setiap tahun, tepatnya di bulan ke tujuh pada penangalan China.

Sebelum menggelar ritual, pihak Vihara terlebih dahulu melepas burung, menggelar doa sekaligus membakar uang kertas untuk digunakan arwah di alam kubur.

“Jadi, begitu ritual selesai, maka warga akan langsung bergerak untuk saling berebut sembako sisa persembahyangan,” ujar Chandra.

Menurut Chandra, ritual sembako itu bertujuan untuk memberikan makan arwah leluhur yang tidak memiliki sanak famili dan gentayangan. (*)

Sumber; kabar6.com

About the Author

has written 1896 stories on this site.

Copyright © 2014 KORAN TANGERANG. All rights reserved.
Powered by WordPress.org, Custom Theme and ComFi.com Calling Card Company.