Penilaian Perumahan Jadi Pemicu Berkurangnya Lahan Pertanian Diangap Berlebihan

TANGERANG | Penilaian sejumlah pihak yang menuding kehadiran perumahan di wilayah Kabupaten Tangerang—terutama di wilayah pantai utara (Pantura)—sebagai pemicu berkurangnya lahan pertanian, dianggap tidak obyektif. Pasalnya, sampai saat ini baru dua pengembang yang membangun perumahan diatas lahan tadah hujan.

“Tentunya hal itu sudah dipertimbangkan, sehingga para pengusaha mendapatkan ijin dari Dinas Instansi yang berwenang. Bahkan kehadiran para pengusaha yang akan beriventasi di wilayah kami sangat diharapkan dan tidak akan dipersulit asalkan sesuai dengan ketentuan yang berlaku,” ujar Camat Sepatan Timur, Achmad yang daerahnya termasuk dalam cakupan wilayah Pantura.

Achmad menjelaskan, kekhawatiran dari masyarakat terhadap kondisi yang terjadi saat ini memang harus ada. Namun, kekhawatiran itu juga harus diikuti dengan pandangan obyektif sehingga tidak membawa dampak yang negatif. Apalagi, kehadiran para investor di bisnis perumahan di Sepatan Timur sangat diharapkan karena hal itu akan menambah kemajuan di wilayah itu.

“Kehadiran perumahan itu diharapkan mendorong perkembangan wilayah dan bisa membawa dampak positif yang akhirnya bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat setempat,” ujar Achmad.

Menanggapi banyaknya pengembang yang belum menyerahkan lahan yang diperuntukan untuk Fasilitas Umum dan Fasilitas Sosial (Fasum/Fasos) Achmad menghimbau agar para developer segera memenuhi kewajibannya.

”Saya menghimbau kepada para pengembang yang ada diwilayah Kecamatan Sepatan Timur hususnya dan Kabupaten Tangerang pada umumnya agar segera menyerahkan kepada Pemda Kabupaten Tangerang sesuai dengan Peraturan daerah (Perda) nomor 10 tahun 1999, bahwa setiap pengembang atau Pengusaha yang bergerak di bidang perumahan berkewajiaban menyerahkan lahan untuk sarana Fasum/Fasos terutama lahan Tempat Pemakaman Umum (TPU) dan dipertegas dengan Peraturan Mentri Dalam Negeri nomor 1 tahun 1997. Yang menyatakan setiap perusahaan berkewajiban menyerahkan dua persen dari lahan yang telah dibebaskan untuk lahan TPU,” paparnya. (ADE/MET)

About the Author

has written 1896 stories on this site.

Write a Comment

Gravatars are small images that can show your personality. You can get your gravatar for free today!

Copyright © 2014 KORAN TANGERANG. All rights reserved.
Powered by WordPress.org, Custom Theme and ComFi.com Calling Card Company.