PPS Kelurahan Sudimara Jaya Gelar Bimtek dan Pelantikan Anggota KPPS Pilkada Kota Tangerang 2018


KORANTANGERANG.COM – 35 Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) di Pilkada Serentak Kota Tangerang 2018. Kelurahan Sudimara Jaya, maka untuk keperluan legalitas formal dilakukan pengambilan sumpah/ janji dan pelantikan ketua dan anggota KPPS. Karena besarnya jumlah TPS, maka dalam pelaksanaannya 35 KPPS.

Acara digelar pada hari Minggu (27/5/2018) siang di Aula Kelurahan Sudimara Jaya, dengan mengundang masing-masing Ketua dan anggota KPPS setiap TPS dan 1 orang Pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTPS) dari setiap TPS.

Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Ciledug dan Panitia Pemungutan Suara (PPS) Kelurahan Sudimara Jaya. Pada Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota Tangerang 2018.

Acara dihadiri oleh seluruh peserta KPPS Kel. Sudimara Jaya, Panwaslucam Ciledug, Sekel Sudimara Jaya, Babinsa, Binamas, Anggota PPS, dan seluruh PPK Kec. Ciledug bertempat di Aula Kelurahan.

Gebby Syelvia Ketua PPS Kelurahan Sudimara Jaya Kecamatan Ciledug menyampaikan, dihadapan peserta 35 KPPS dan anggota sehubungan dalam bulan suci ramadhan, PPS mengucapkan selamat menjalankan ibadah puasa.

“Mari laksanakan tugas dari bangsa dan negara dengan penuh tanggung jawab, demi suksesnya Pilkada Kota Tangerang dengan tertib, aman dan lancar,” pesan Gebby Syelvia.

“Semoga selama dalam pelaksanaan, kita semua selalu dalam lindungan Allah SWT. Dan juga dalam keadaan sehat walafiat, jaga suasana yang kondusif, dan jangan ada masalah serta harus di jaga  dengan adanya pancaroba alam. Oh ya saya ingatkan juga, nanti jangan lama-lama bila mudik di kampung,” tambah Gebby Syelvia.

“Mulai sekarang sampai seterusnya jaga keamanan keseluruhan. Apa lagi beberapa hari ke depan menjelang lebaran, jaga keamanan pribadi masing-masing,” ujar Gebby Syelvia.

Kory Abdullah PPK Ciledug sebagai Nara sumber menjelaskan, kegiatan Bimtek merupakan rangkaian kegiatan berjenjang yang dilaksanakan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Tangerang dalam rangka mempersiapkan hari pemungutan dan penghitungan suara dalam Pilkot Tangerang 2018 yang akan dilaksanakan pada tanggal 27 Juni 2018 mendatang.

” Sehingga seluruh proses yang dilaksanakan di TPS dapat berjalan dengan lancar dan seluruh administrasi di TPS dapat dipertanggung jawabkan kepada seluruh pihak terkait dan pada saat pelaksanaan rekapitulasi ditingkat PPK,” urai Kory Abdullah dalam paparannya.

Sementara Ketua Panwascam Ciledug Tri Hartono menyampaikan, sesuai dengan peraturan yang ada KPPS harus berjalan sesuai koridor dan jangan sampai melanggar hukum, terutama setiap penyelenggara. Ikuti aturan yg sudah ditentukan.

“Bila ada hal-hal yang terjadi di KPPS  dapat langsung melaporkan pada gangguan keamanan tentunya pada polisi, Namun bila saksi atau juga pemilih ada klaim dan berkeras, laporkan ke  Panwascam akan kami proses pada jalur hukum, kasus saksi datang terlambat dapat  disampaikan pada pihak kami,” cetus Tri (panggilan dekat, Red) Ketua Panwascam Ciledug.

Sumpah dan Bimtek  Berlangsung di  Kelurahan Sudimara Timur

Di tempat yang berbeda Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Ciledug dan Panitia Pemungutan Suara (PPS) Kelurahan Sudimara Timur, Minggu malam, (27/5/2018) pukul 21.00 WIB, menggelar Pelantikan dan Bimtek Pemungutan dan Penghitungan Suara sekaligus sumpah dan janji kepada seluruh anggota Kelompok Panitia Pemungutan Suara  (KPPS) Kelurahan Sudimara Timur.

Acara yang dilaksanakan di Aula Kelurahan Sudimara Timur, Kecamatan Ciledug, Kota Tangerang, dihadiri oleh seluruh  anggota KPPS yang tersebar di 21 TPS di Kelurahan Sudimara Timur.

Selain anggota KPPS dan PTPS, acara juga dihadiri Lurah, Binamas, Babinsa, PPK  Ciledug, Panwaslucam Ciledug, Pengawas Kelurahan, serta PPS Kelurahan Sudimara Timur sebagai penyelenggara.

Rangkaian seremonial acara secara berurutan adalah pengambilan sumpah/janji, yang dilanjutkan dengan pelantikan anggota KPPS, dan penyerahan Surat Keputusan PPS Kelurahan tentang Pengangkatan KPPS dan Petugas Ketertiban TPS.

Sementara Cholid Ketua PPS Kelurahan Sudimara Timur menyampaikan, Bimtek KPPS sangat penting dilakukan karena merupakan ujung tombak pelaksanaan pilkada Kota Tangerang di Tempat Pemungutan Suara  (TPS).

Dijelaskan oleh Cholid, selain KPPS kegiatan Bimtek juga akan dilakukan untuk Panitia Tempat Pemungutan Suara (PTPS) Kelurahan Sudimara Timur Kecamatan Ciledug, Kota Tangerang.

” Untuk itu, bimtek KPPS harus betul-betul maksimal dilakukan agar KPPS betul-betul memahami tata prosedur dan pengadministrasian formulir pemilihan di TPS nantinya,” ungkap Cholid.

Selanjutnya Lurah Sudimara Timur Ma’ Rifullah, SE, M.SI, menyampaikan, selamat atas dilakukannya pengambilan sumpah/ janji dan pelantikan anggota KPPS, serta menyampaikan ucapan terima kasih kepada anggota KPPS yang merupakan bentuk partisipasi warga masyarakat untuk menyukseskan penyelenggaraan Pilkada Kota Tangerang 2018.

Karena kualitas Pilkada sangat ditentukan dari seberapa baik kinerja KPPS, untuk itu diharapkan anggota KPPS bekerja secara profesional, cermat, adil, netral dan aman.

Acara kemudian diteruskan dengan Bimbingan Teknis (Bimtek), yang dipandu oleh Syamsu Rizal Ketua PPK kecamatan Ciledug, dan didampingi oleh Tri Ketua Panwaslucam Ciledug.

Selain Bimtek PPK Ciledug dan PPS juga membagikan buku panduan KPPS ini akan memberikan tuntunan secara teknis tentang tugas-tugas masing-masing anggota KPPS.

“Dengan buku panduan ini diharapkan KPPS dapat memahami pelaksanaan pemungutan dan penghitungan suara di TPS dan memahami tata cara pengisian formulir dalam kotak dan atau di luar kotak, dan lampirannya,” kata Syamsu Rizal.

Dalam Bimtek juga dilakukan simulasi pengisian Berita Acara Penghitungan Suara di TPS.

Bimtek memberikan kesempatan kepada anggota KPPS untuk menyampaikan pertanyaan terhadap hal-hal yang belum jelas, untuk selanjutnya akan ditanggapi oleh PPK, PPS maupun Panwaslucam dan PK. (ade/ed)


Next Post

Supiyanto: Harga-harga Kebutuhan Pokok Relatif Stabil

Sel Mei 29 , 2018
FAJARBANTEN.COM – Selasa 29 Mei 2018, Polsek Ciledug melakukan operasi pasar dalam rangka menyambut hari raya Idul Fitri 1439 H. […]