Jumlah Sementara Penduduk Banten 10,6 Juta Jiwa

urbanisasi_1Jumlah penduduk Provinsi Banten berdasarkan data sementara hasil sensus penduduk 2010 mencapai 10,6 juta jiwa. Angka itu melebihi proyeksi sebelumnya yakni 9,96 juta jiwa.

“Ini baru angka sementara karena BPS masih melakukan verifikasi data hasil SP 2010. Data resmi akan dikeluarkan secara nasional pada 16 Agustus 2010 oleh Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono,” kata Kepala Seksi Statistik Kependudukan BPS Provinsi Banten, Husin Maulana di Serang, Selasa (29/6).

Husin mengatakan, penambahan jumlah penduduk Provinsi Banten tahun 2010 yang mencapai 10, 6 juta jiwa itu, diprediksi bukan karena tingkat angka kelahiran bayi yang tinggi, namun kemungkinan disebabkan penambahan penduduk akibat pendatang baru dari daerah luar Banten.

“Banten memiliki daya tarik bagi warga luar dengan daerah industrinya,” kata Husin.

Selain itu, Banten juga sebagai daerah penyangga ibu kota negara, menjadi salah satu daerah sasaran bagi warga pendatang, kerena DKI Jakarta sudah memiliki Perda Yustisi.

Husin mengatakan, proyeksi penduduk tahun 2010 tersebut berdasarkan data sementara hasil SP 2000 yang belum mempertimbangkan faktor imigrasi yang besar. Berdasarkan data sementara itu, 54 persen penduduk di Banten merupakan penduduk yang berdomisili di wilayah Kota Tangerang, Tangerang Selatan dan Kabupaten Tangerang.

Menurutnya, warga pendatang tersebut diperkirakan kebanyakan berasal dari dua Provinsi yakni DKI Jakarta dan Jawa Barat.

BPS masih melakukan pengolahan data hasil SP 2010, karena sebelumnya BPS memberikan tengat waktu tambahan selama 15 hari setelah pelaksanaan sensus pada Mei 2010. Bagi warga yang belum terdata agar melaporkan ke BPS kabupaten/kota setempat.

Sebelumnya, Gubernur Banten Ratu Atut Chosiyah juga mengatakan, jumlah penduduk Banten berdasarkan data sementara hasil SP 2010 mencapai 10,6 juta jiwa. Jumlah penduduk tersebut meningkat dari proyeksi sebelumnya, disebabkan faktor migrasi yang tinggi ke Banten, terutama terjadi di wilayah Tangerang yang menjadi daerah penyanggah ibu kota.

(sumber: metrotvnews.com)

About the Author

has written 2082 stories on this site.

Copyright © 2014 KORAN TANGERANG. All rights reserved.
Powered by WordPress.org, Custom Theme and ComFi.com Calling Card Company.