Pembangunan Jalan dan Jembatan di Banten 2010 Telan Rp 116 Miliar

jss1Dinas Bina Marga dan Tata Ruang Provinsi Banten menyediakan anggaran senilai Rp 116 miliar untuk pembangunan jalan sepanjang 18,33 kilometer dan enam jembatan di wilayah Provinsi Banten.

Kepala Bidang Pembangunan Jalan dan Jembatan, Dinas Binamarga dan Tata Ruang Provinsi Banten Retno Pratiwi mengatakan, sepanjang 18,33 kilometer ruas jalan Provinsi Banten dan enam jembatan akan dibangun pada Juni ini. Proyek pembangunan jalan dan jembatan tersebut bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah.

“Untuk pembangunan jalan anggarannya sebesar Rp97 miliar, untuk jembatan sebesar Rp14,5 miliar dan pengawasannya sebesar Rp4,6 miliar. Untuk pembangunannya sendiri dilakukan sejak awal Juni ini,” ujar Retno, Minggu (20/6).

Ia menyatakan, belasan ruas jalan yang tengah dibangun tahun 2010 ini terdapat di dua zona wilayah, yaitu wilayah Banten utara meliputi Kabupaten Serang, Kabupaten/Kota Tangerang dan Tangerang Selatan dan wilayah Banten selatan meliputi Kota Cilegon dan Kabupaten/Kota Serang, Kabupaten Pandeglang serta Kabupaten Lebak.

Sementara itu, ketika ditanya terkait jalan Cikande-Rangkas Bitung yang kerap dikeluhkan masyarakat setempat, ia mengatakan, pembangunan ruas jalan tersebut akan dilakukan dengan sistem multiyear selama dua tahun berturut-turut. dengan anggaran Rp 48 miliar.

Sementara Pejabat Pelaksana Teknis Kegiatan Dinas Bina Marga dan Tata Ruang Provinsi Banten, Sulaeman Wahyudi menyatakan, pembangunan ruas jalan yang akan dibangun yakni ruas Jalan Cikande-Rangkasbitung, Jalan Ciruas-Pontang 4,2 kilometer, Palima-Pasang Teneng, Kabupaten Serang sepanjang du kilometer, dan pembangunan bundaran di simpang Palima Kabupaten Serang.

Selain itu ruas Jalan Mauk-Tanjungkait, Kabupaten Tangerang sepanjang 1,9 kilometer, Tanjungkait-Teluknaga, Kabupaten Tangerang 1,2 kilometer serta pelebaran Jalan KH Hasyim Ashari Kota Tangerang.

Menurutnya, untuk jalan provinsi yang berada di Tangerang Selatan rencananya akan dilakukan pelebaran jalan dua meter di jalan Padjajaran dengan alokasi anggaran sebesar Rp 2,3 miliar, dan pembangunan median jalan sepanjang 970 meter dengan alokasi anggaran Rp 480 juta. “Median jalan itu dibangun tepat di depan Kantor Walikota Tangerang Selatan ,” kata Sulaeman.

Berdasarkan data Dinas Bina Marga dan Tata Ruang Provinsi Banten diketahui panjang jalan Provinsi Banten yaitu 794,61 kilometer, 146,79 kilometer dalam kondisi rusak berat, 344,25 kilometer rusak sedang dan 303,78 kilometer dalam kondisi baik.

Sementara, dari seluruh jalan yang rusak, kerusakan terparah berada di Kabupaten Lebak dengan panjang 66,90 kilometer dan Kabupaten Pandeglang 52,60 kilometer.

(sumber: tempointeraktif.com)

About the Author

has written 2018 stories on this site.

Copyright © 2014 KORAN TANGERANG. All rights reserved.
Powered by WordPress.org, Custom Theme and ComFi.com Calling Card Company.